Tips merancang sepeda sendiri

22 04 2008

 

 Bike Anatomi

1. top tube, 2. sadle, 3. seatpost, 4. seatstay, 5. seatclam, 6. seattube, 7. cassete, 8. rear derailleur (rd), 9. chainstay, 10. chainring/crankset, 11. pedals, 12. downtube, 13. spoke, 14. rim, 15. hub, 16. front diskbrake, 17. tire, 18. fork, 19. headtube, 20. brake lever, 21. shifter, 22. handlebars & stem

Mau beli sepeda atau merakit sepeda….. 

Nah sekarang ini berbeda, kebanyakan penguna sepeda bukan lagi anak anak, tetapi orang dewasa. Kekuatan stamina disaat sekarang tentu berbeda. Buat pemula jangan pusing mikir sepeda, beli saja yang biasa. Kalau sudah niat untuk jangka panjang baru rakit. Tentu ada resiko buang uang diawal lebih besar, karena bisa saja dalam 1 atau 2 bulan lagi , sepeda yang dibeli harus dibuang karena terlalu berat.

 

Harga sepeda ditentukan dari komponen seperti ketahanan, kelancaran dan keringanan. Semakin ringan sebuah sepeda akan memiliki harganya meningkat dan lebih mahal. Sebuah sepeda dengan berat 14 kg akan mencapai 4 juta, menganti komponen lebih bagus tetapi hanya merubah berat sampai 0.5kg saja dapat mencapai 5-6 juta. Menurunkan bobot sepeda sampai angka 10 Kg akan membengkak, mencapai 10 juta keatas.

 

Untuk tip yang satu ini ada 2 penentuan untuk memiliki sepeda baru.

 

aran untuk pemula, dan kepengen punya sepeda tapi bukan tujuan serius ,eit sebelumnya sebaiknya kita lebih dulu apa saja sih Anatomi Sepeda…

Buat Bro, teknologi sepeda sekarang sudah berbeda dibanding 20 tahun lalu. Kalau dahulu, membeli sepeda tidak perlu pusing gonta ganti asesoris. Begitu beli urusannya engak bakalan dibongkar lagi. 

 Artinya punya sepeda asal ikut saja, tanpa mikir yang serius buat olah raga seperti untuk meningkatkan stamina. Sepeda cuma dijadikan sarana olah raga agar lebih sehat lah.

Untuk awal, boleh dipikirkan budget, seperti berapa dana yang dimiliki. Misalnya 1 sampai 4 juta. Beli sepeda lengkap lebih mudah buat mereka yang mau serius memiliki sepeda baru. Tetapi semakin murah sebuah sepeda akan semakin berat loh. Positifnya, tidak memerlukan waktu untuk memulai olahraga. Kendalanya, dengan sepeda murah dan berat, maka jarak tempuh umumnya tidak terlalu jauh.

 

Untuk sepeda 1 juta-an tipe sepeda MTB cukup lumayan, bisa jalan tapi belum tentu bisa ngebut. Alasannya karena sepeda 1 juta itu berat, sekitar 14 – 16Kg bahkan lebih. Kalau sekedar genjot jarak dekat, it’s ok lah. Tapi jarak jauh dan berat badan lebih, boleh dipikirkan untuk tidak mengambil sepeda murah. Karena anda pasti akan capai sendiri, dan bakalan ketinggalan kalau lagi jalan bareng bersama teman. Biasanya setiap group biker akan menempuh jarak diatas 10-20km pada hari minggu, bisa dibayangkan jika anda harus berkendaraan sepeda dengan berat 17kg, 1 jam lamanya. Belum lagi banyaknya tanjakan, bisa bisa anda akan langganan keram kaki ..

 

Budget 2 juta, sebenarnya tidak berbeda dengan budget 1 juta. Tetapi beberapa komponen sepeda bisa yang didapat lebih ringan atau kemampuannya lebih bagus dibanding 1 juta. Dampaknya, yah lebih ngacir sedikit. Sayangnya berat tidak banyak berubah karena komponen yang digunakan terkadang di campur antara kualitas lebih baik dengan biasa. Kisaran berat masih di 14 sampai 16 Kg untuk sepeda budget 2 juta. Komponen yang digunakan umumnya kelas 3 atau kelas 4. Udah lumayan lancar dan bagus, ditambah lebih enak dipakai. Tetapi tidak akan berbeda dari sepeda dengan harga 4 jutaan.

Buat yang punya uang 4 jutaan, nah ini bisa mendapat sepeda lumayan bagus. Bukan bagus sekali, tetapi ok ngebut. Berat akan berada dikisaran 14Kg tetapi tidak lebih dari 15Kg. Karena lebih mahal maka komponen yang digunakan lebih ringan dari sepedabiasa.

Peringatan bagi yang ingin menambah atau menganti komponen dari sepeda murah. Sebaiknya hal ini dihindari, karena memiliki sepeda ringan memerlukan perubahan sangat besar, serta tidak berdampak besar ketika melakukan upgrade pada sebagian kecil dari komponen sepeda.

 

Saran untuk yang serius, berani mengunakan komponen berkualitas agar mendapat sepeda ringan?

Bila ingin sepeda yang bagus, atau lebih ringan. Percayalah, dana yang disiapkan tidak kurang dari 8 jutaan. Saya sudah mengutak utik harga komponen, ternyata dengan 8 juta tersebut baru menekan berat sepeda dikisaran 11-12 Kg.

Alasan mahal, karena anda dapat memilih komponen khusus atau merubah dari kelas 3 dan 2 sampai kualitas kelas 1 yang lebih ringan. Kenapa berbeda didalam kelasnya, selain lebih kuat, nyaman, umumnya lebih mahal maka lebih ringan.

 

Dengan budget 8 juta keatas, anda dapat rakit sesuai keinginan, seperti rem diganti dengan disc break (konon lebih pakem), atau crank set / gear depan dapat mengunakan komponen lebih ringan. Atau hub (penghubung ban ke garpu sepeda) akan berbeda sampai 1 juta sepasang. Bedanya, ketika digunakan, komponen mahal lebih ngacir atau lebih lancar lah walaupun berat mungkin hanya berbeda 100-400g saja.

Dengan merakit maka anda dapat memilih dan menimbang berat dari tiap komponen yang anda gunakan. Dengan budget 8 juta, diharapkan sepeda anda akan memiliki berat tidak lebih dari 12 Kg. Lebih ringan dibanding membeli sepeda yang sudah jadi, sayangnya butuh pengetahuan dan waktu untuk berburu untuk mendapatkan satu demi satu komponen.

 

Bagaimana membedakan antara sepeda ringan dan berat. Mudah saja, beli saja air mineral 4 botol ukuran 1 liter sehingga sepeda lebih berat 4Kg. Nah coba gantung di sepeda lalu keliling komplek. Lalu bandingkan dengan melepas 4 botol air mineral, nah disitu perbedaan antara sepeda ringan dan berat. Selisih 4kg, memang bukan barang murah untuk sebuah sepeda.

 

Tetapi perlu diingatkan, pastikan dahulu anda memiliki dana yang cukup. Mau dilebihkan 1-2 jutaan, tidak akan berdampak banyak merubah komponen sepeda. Misalnya :

Hub sepeda MTB saja akan berbeda 1 juta.
Merubah frame set atau rangka sepeda juga 1 juta dengan bobot lebih ringan 0.5 – 1kg.
Merubah group-set biar lebih keren dan berkualitas akan mencapai 1-2 juta , tetapi perubahan bobot dari group set hanya berbeda 0.5Kg.

Total perubahan dana 3 -5 juta akan merubah berat sepeda sampai 1-2.5 Kg.

 

Urutan untuk merakit sepeda dengan analisa beban komponen

 

Paling penting adalah Frame set atau rangka sepeda, umumnya mengunakan bahan aluminium yang lebih ringan dibanding bahan besi. Tetapi jangan salah , setiap komponen frame set berbeda beda beratnya. Kalau ada sebuah frame set yang dijual seharga 600 ribu, maka yang lebih ringan akan berada diatas 1.5 juta. Semakin ringan untuk frame set MTB akan semakin mahal. Diatas itu masih ada lagi, seperti mengunakan bahan Carbon atau Fibre / serat. yang ini sepertinya akan memakan budget sampai 15 juta keatas.

Group set, ini menjadi bagian kedua paling penting. Group set adalah komponen dari sepeda seperti gear depan, belakang, perseneling dan rem. Semakin ringan semakin gila harganya. Urusan harga akan berbeda dari kekuatan, kenyamanan dan keringanan bahan. Dari kelas 3 ke kelas 2, secara total akan mencapai selisih 2-3 juta. Dibandingkan kelas 1 akan mencapai 3-5 juta. Jangan heran bila membeli sebuah crank set atau gigi depan akan berbeda 1 juta, walaupun perbedaan berat hanya 0.5kg tetapi memiliki daya tahan dan kenyamanan dan keringanan lebih baik.

 

Urusan garpu sepeda, nah ini paling gila. Sebuah garpu sepeda MTB dengan peredam kecut mengunakan 2 jenis komponen seperti per dan oli. Jenis ini sekitar 300-600 ribuan, berat mencapai 1.5kg. Mau lebih ringan lagi, bisa mencapai 1.5 juta dengan mengunakan peredam angin. Dengan garpu sepeda jenis tekanan angin, maka berat sepeda akan berkurang hampir 1kg lagi. Sayang harganya juga lebih mahal dibanding garpu dengan komponen mix.

 

Urusan ban, ini salah satu komponen. Semakin mahal semakin ringan, alasannya ban sepeda sekarang mengunakan komponen lebih tipis untuk dibuat lebih ringan, tetapi tidak melepas kekuatan. Spesifikasi ban yang baik dapat dilihat di Michelin atau di Performancebike

 

Ban sepeda memiliki 4 komponen yaitu Ban bagian paling luar, velg atau rim, jeruji sepeda dan hub sebagai penghubung jeruji ke velg ban dan kerangka sepeda.Bila budget mepet, perhatikan dan memfokus pada komponen paling berat. Ada cara lain dengan menekan harga sepeda. Hal utama dalam komponen sepeda rakitan adalah pemilik ingin sepedanya lebih ringan dibanding sepeda lain, Sayang budget yang tidak kecil merakit sepeda ringan.

 

Ada trik untuk merubah angka belanja sepeda baru anda. Gunakan komponen berkualitas 3 atau 2. Lalu memfokus pada komponen paling berat.

 

Frame / rangka sepeda dan fork / garpu sepeda menjadi komponen paling berat bisa diutamakan. Kedua komponen ini harus di prioritaskan karena beban sepeda dapat dirubah sampai 1-2Kg.

 

Trik kedua, adalah dari hub sampai ban. Kedua komponen ini menjamin lancarnya sebuah sepeda.

 

Trik ketiga dengan group set, atau perlengkapan pengerak seperti gear depan belakang, dan rem. Crank set atau gear depan umumnya memiliki bobot lebih berat dan perlu dikecilkan..

 

Perubahan frame dan fork akan menghemat berat sampai 1.5 Kg, sementara perubahan frame dan fork akan menyita dana 2 juta.

Menganti hub dan ban yang lebih ringan, akan merubah berat sepeda sampai 0.5kg, dengan tambahan budget 1-1.5 juta.

 

Total akan ada perubahan 2 – 2.5kg, kelihatan memang kecil tetapi akan ada perubahan dengan bobot sepeda menjadi lebih ringan.

 

Memilih merakit atau membeli sepeda lengkap ?

 

Hal ini susah untuk diberikan pendapat. Yang penting, berapa budget yang anda miliki. 1 juta, 2 juta atau 15 juta.

 

Harga sepeda memiliki gambaran seperti kurva, semakin ringan maka harga akan berlipat naik. Misalnya anda ingin memiliki sepeda jenis MTB dengan berat 16kg akan berada diharga 1-2 juta, turun ke 14kg akan mencapai 4-6 juta. Sisanya adalah kualitas komponen berkualitas akan mencapai 8 juta. Berpindah ke komponen tertinggi dibutuhkan dana tidak kurang dari 10 juta. Komponen berkualitas dan ringan akan memakan budget diatas 12 juta.

Ini benar benar gila, salah membeli komponen akan membuang uang saja. Membeli komponen mahal, wah dananya harus dipikir jauh jauh.

 

Semua itu. pasti ada bedanya..mahal, murahnya sepeda bukan berarti yang mahal lebih jago atau lebih mumpuni,tapi yang membedakan adalah dengkulnya men…..

 

 

 

By Mtber @nto Bike-bike

 

 

 

 

 

About these ads

Aksi

Information

9 responses

14 07 2009
ocep

Terima kasih atas infonya sangat membantu sekali untuk pemula seperti saya

15 07 2009
transbiker

oyi, sami-sami om…

21 05 2010
Puguh

Saya pemula, dan semisal budget saya cuma 1,5 jt. dengan niat cuma untuk jalan2 (tdk ber-group). jatuhnya lebih murah mana merakit sendiri atau beli (dengan kualitas yang sama). Nuwun

2 01 2012
bascom

bersepeda bukan asal genjot..seninya melompat di trotoar jump di polisi tidur
dan masi banyak lagi medanya …saya menggunakan bmx dragster size 24
lebih stable

7 08 2012
abramsp

salam kenal om..
hamba pake sepeda rakitan dan pernah timbang bobotnya 13,7kg.
itu berat apa enteng ya om?
kalo mo tau speknya..ada di blog hamba.

23 08 2012
pikiranbiru

salam kenal om, terimakasih untuk infonya :)

9 10 2012
Arnold

salam kenal.
mdh2an informasi ini bermanfaat.
Jika nanti perlu untuk merental sepeda untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan/ event-event tertentu, kami berharap bisa menghubungi My Bike yang khusus merentalkan sepeda. My Bike ada di bandung di jln. jalaprang, no. 3 sukaluyu surapati bandung. untuk lebih jelasnya, klik aja website my bike di : http://www.rentalsepeda.com
thx ya, Arnold
0817 230 8338

19 04 2013
jdjxn

saya sedang mencari sepeda panjang roda tiga

19 04 2013
korip ajjh

sepedah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: