Info Trend Sepeda Hybrid (Hybrid Bike)

22 10 2009

sepeda Hybrid

Hybrid bike, apakah sebenarnya diskripsi mengenai Hybrid bike. Hybird bike adalah sebuah sepeda yang memadukan karateristik roadbike dan mountain bike (MTB) menjadi sebuah sepeda yang kuat, nyaman dan mampu melaju lebih cepat dijalan aspal dibandingkan sepeda MTB biasa.

Hybrid bike didesain untuk general-purpose utility (umum), commuter dijalan beraspal dan tidak beraspal. Sepeda Hybrid biasanya banyak dipergunakan dikota-kota besar terutama yang sudah memiliki jalur sepeda. Hybrid bike pada awal munculnya lebih dikenal dengan City bike, Cross bike atau Commuter bike. Mengambil fitur yang dimiliki MTB dan Roadbike dengan tujuan memperoleh sepeda general commuting dan transportasi harian.

Biasanya Hybrid bike menggunakan Crank (gir depan) MTB yang berjumlah tiga (triple crank), meskipun saat ini sudah banyak Hybridbike yang menggunakan Crank Roadbike. Hybrid bike menggunakan stang kemudi (handlebar) yang membuat posisi rider lebih tegak dibandingkan standart roadbike handlebar.

Rem (brake) yang digunakan pada Hybrid masih mengaplikasi sepeda MTB yaitu linier atau tarikan (v-brake) dan menggunakan Disc. Roda pada Hybrid Bike biasanya menggunakan ukuran 700c (ukuran diameter roda sepeda balap), diameter roda yang lebih besar dibandingkan MTB bertujuan untuk memperoleh kecepatan yang lebih. Penggunaan ukuran tapak ban dan rims (pelak) pada Hybrid bike lebih besar dibandingkan dengan roadbike (sepeda balap) bertujuan meningkatkan kekuatan sepeda hybrid jika melintas medan non aspal.

Fitur Hybrid yang diperoleh dari MTB (sepeda gunung):
- Kerangka (frame) yang lebih tegak, menawarkan posisi bersepeda lebih naik dan nyaman.
- Frame Hybrid yang besar dapat mecahkan masalah bagi anda yang suka touring jarak jauh dan membawa beban yang besar melewati jalan aspal.
- Tapak ban yang lebih besar untuk memberikan traksi yang lebih baik dan stabil.

Hybrid MTB

Fitur Hybrid yang diperoleh dari Roadbike :
- Rims (pelak) yang ringan memberikan kecepatan lebih.
- Diameter pelak 700c seperti pada roadbike memberikan kecepatan lebih.
- Komponen yang ringan dan gearing lebih tinggi untuk melaju lebih cepat.

Roda (Wheelset)
Wheelset Hybridbike merupakan kombinasi antara roadbike dan MTB. Rims yang besar memberikan stability(stabil) dan durability (daya tahan). Banyak pakar cycling menyarankan, memberikan tekanan udara yang lebih pada ban. Tekanan udara yang lebih tinggi memungkinkan sepeda dapat melaju lebih cepat dan mengurangi hambatan ketika roda menggelinding (rolling resistant).
Rim (pelak) dan jari-jari (spoke) roda sepeda hybrid, lebih ringan di bandingkan rims dan spoke MTB. Karena vendor pembuat sepeda hybrid berasumsi rider tidak akan melakukan offroad seperti yang dilakukan Mountain bike.

hydrid frame

Frame (rangka)
Frame sepeda hybrid kebanyakan terbuat dari aluminium atau baja ringan (juga disebut “Cro-Moly”), karena kekuatan dan ketahanan bahan tersebut. Frame berbahan allu atau Cromoly selain kuat juga murah. Dalam perkembangannya Hybridbike sudah mulai menggunakan Carbon Frame.

Handlebar (stang kemudi)
Setang pada Hybridbike biasanya datar seperti pada MTB, dan lebih lebar. Handle bar seperti ini memberikan kenyamanan bagi pengendara karena posisi duduk yang tegak dan tidak terlalu membungkuk.  Handlebar Hybridbike memberikan penglihatan yang luas bagi rider dan control kemudi maksimum dibandingkan dengan roadbike.

posisi badan

Riding position
Posisi ketika bersepeda, Hybridbike seperti halnya sepeda MTB desainnya memungkinkan rider berdiri tegak ketika ridding. Variasi posisi tersebut dapat mengurangi stress pada leher dan punggung pengendara sepeda.

Gears (gir)
Hybridbike memiliki jumlah gir yang lebih, umumnya hybridbike mempunyai triple crank. Jumlah yang lebih gir tersebut bertujuan memungkinkan pengguna hybrid bike melewati tanjakan dengan ringan, melaju dengan cepat dimedan mendatar dan turunan tajam.
Pada umumnya Hybridbike tidak dilengkapi dengan roda gigi dalam ratio rendah seperti MTB. Cassete Sproket sepeda Hybrid lebih diset mendekati roadbike. Biasanya Hybridbike memiliki 2-3 chainrings depan dan 8-9 Cassete Sproket dengan ratio 16-27.

Pedal
Pedal pada sepeda Hybrid tidak jauh berbeda sepeda MTB kebanyakan. Rider yang lebih advanced (berpengalaman) menggunakan clips pada pedal Hybridbike, yang bertujuan untuk efisiensi pedaling.
Penggunaan clips memungkinan rider menggunakan sepatu khusus ketika bersepeda, penggunaan sepatu khusus tersebut membutuhkan cleated (penghubung antara pedal clips dengan sepatu).
Untuk Hybridbike yang sering melintas dijalan dengan lalu lintas padat penggunaan clips tidak disarankan, karena frekuensi anda menurunkan kaki lebih sering.

Aksesoris
Hybridbike seperti halnya sepeda pada umumnya menggunakan aksesoris standar sesuai dengan kebutuhan. cyclocomputer, pompa mini, tas peralatan, bottle cage dan tempat minum. akseoris tersebut adalah semua yang anda butuhkan untuk mandiri ketika ridding.
[bicycling.about.com]
[wikipedia]

Vendor pembuat sepeda tidak mau ketinggalan dengan adanya trend ini, sepeda kebanggaan dalam negeri Polygon, juga memproduksi Hybrid bike seperti; Trexia, Waltz, Xabre hingga Heist. Bebera merk sepeda luar seperti specialized, giant dan trek juga mempunyai banyak varian Hybridbike. (zonasepeda.com)


Aksi

Information

Satu tanggapan

13 01 2010
estijat

ada info tempat membeli jari2 sepeda hybryd? (sy pakai POLYGON HYBRYD)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: