Jenis Sepeda MTB


 

Berbagai macam dan bentuk Mtb banyak kita jumpai atau kita lihat,tetapi pada dasarnya sepeda MTB dapat di kategorikan berdasarkan kegunaan/fungsinya dalam melintasi sebuah trek .

Rigid Frame

Sepeda Rigid Frame MTB tidak memiliki suspensi sama sekali, seluruh frame harus meredam getaran selama melewati jalan. Beberapa disain Rigid Frame sudah dikembangkan dengan komponen khusus yang lebih lentur. Lintasan biasanya lebih rata seperti jalan raya, maklum tanpa suspensi maka getaran hanya dapat diredam oleh ban besar saja.

Belakang Keras (Hard Tail)

Hardtail MTB berbeda lagi dengan Rigid Frame. Mengunakan suspensi depan baik berisi oli dan spring / per atau angin. Tujuannya untuk meredam sentakan dibagian depan. Disain depan sedikit naik dari 80mm sampai 140mm. Getaran masih terasa dibagian belakang sepeda, tetapi tidak sekeras tipe Rigid bila masuk ke area cross country

Belakang Lembut (Soft Tail )

Model ini biasanya jarang ada ,walaupun secara konstruksi berbanding terbalik dengan Hard Tail dan tidak berbeda dengan konstruksi Full Suspension. Posisi suspensi dipindahkan ke bagian belakang, tetapi suspensi bagian depan ditiadakan. Getaran dari jenis Soft Tail lebih lembut dibanding Hard Tail, tetapi tidak selembut jenis sepeda Full suspension.

Peredam penuh (Full suspension )

Disain ini memiliki peredam bagian depan dan belakang. Suspensi dibagian belakang biasanya ditopang pada titik tengah sepeda dengan peer. Sayang tipe Full S MTB hanya diperuntukan bagi mereka yang menyukai offroad dan downhill.

 

  

Memilih sepeda yang cocok dengan lintasan

Jenis sepeda MTB memiliki beberapa jenis, sedangkan pengunaan lintasan sepeda sendiri dibagi menjadi 4 lintasan yaitu Cross Country / melintas jalan kampung, Bukit atau kelas All Mountain, Free ride atau dijalan biasa dan terakhir Down Hill untuk menuruni bukit saja

Jenis lintasan CrossCountry

Lintasan kampung biasanya memiliki lintasan tidak rata. 2 model sepeda yang dapat dipilih adalah hard tail atau full suspension. Tambahan gigi sepeda dibagian depan dapat ditambah menjadi 3 buah, agar ketika mendaki maka sepeda lebih ringan dipacu. bahan yang dgiunakan diharapkan lebih ringan, karena medan yang dilewati dipastikan akan turun naik dan membua penunggang terlalu capai bila berat sepeda berlebihan.

Lintasan All Mountain

Lintasan all mountain sepertinya lebih masuk kedalam dibandingkan lintasan crosscountry atau masuk kampung. Umumnya lintasan All mountain sulit diprediksi, misalnya lintasan bisa saja terhalang potongan kayu kecil, dan jalur benar benar tidak rata. Jenis sepeda paling aman untuk jenis all mountain adalah kelas full suspension, walaupun agak berat untuk mendaki, sepeda lebih tahan terhadap getaran lintasan. Jenis all mountain mendekati kesulitan ganas, karena dapat merusak sepeda. Komponen seluruh sepeda diluar frame, digunakan full spek, seperti gigi lengkap dengan urutan 10 dibelakang dan 3 didepan, atau frame jenis ringan, dan jeruji sepeda dengan lubang penuh 32 buah.

Freeride atau jalan bebas untuk sepeda

Jenis freeride sangat baik mengunakan jenis Rigid Frame, karena getaran sudah cukup diredam oleh ban. Atau dengan Hard tail sudah cukup memadai, khususnya bila melintas didaerah yang sedikit berlubang.

Turun Bukit (Downhill – DH)

Seperti jenis crosscountry, sepeda downhill membutuhkan suspensi penuh. Sepeda biasanya digunakan pada turunan saja ketika dikendarai. Berat sebuah sepeda Downhill biasanya berada diposisi 15Kg keatas. Memang lebih berat, tetapi berat tersebut dibutuhkan oleh sepeda ketika menuruni bukit. Panjang sepeda DH memiliki panjang lebih besar dibandingkan kelas lainnya. dan posisi kerangka lebih rendah dibagian belakang dibandingkan bagian depan.

Lubang rim atau roda dengan jeruji biasanya lebih banyak dibanding fullsuspension. Mengunakan lubang rim sampai 36 buah, dan rem disc break agar rem lebih kuat dan tidak hancur ketika menuruni bukit. Untuk downhill, umumnya mengunakan kontruksi jenis Full Suspension, karena diperlukan peredam ekstra.

Memilih sepeda jenis apa

Lintasan apa yang anda butuhkan, akan menentukan jenis sepeda yang anda cari. Bila anda tertarik untuk Free ride atau Cross Country, dapat memilih jenis frame sepeda atau tipe Rigid frame dan Hard Tail.

Bila kebutuhan untuk lintasan masuk kampung, dapat dipilih antara Hard tail dan Full suspension

Sementara sepeda ingin digunakan masuk kedalam hutan / All mountain, lebih dalam dari lintasan kampung. Pilihan tetap sama seperti lintasan cross country / masuk kampung. Tetapi diutamakan dengan sepeda full suspension karena medan all mountain umumnya lebih berat dan kontur tanah benar benar tidak rata

Terakhir untuk lintasan menuruni bukit. Sangat disarankan mengunakan jenis Down Hill. Karena tekanan sepeda dilintasan akan berlipat, bahkan guncangan pada sepeda diatas getaran dari lintasan Cross Country. Salah mengunakan sepeda untuk menuruni bukit, akan menghancurkan sepeda .

By. Mtber 

About transbiker

Suka olahraga sepeda & nonton bola rame-rame

Posted on 22 April 2008, in Pengetahuan. Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. saya sangat terbantu dengan menemukan ilmu ttg gowes dan boseh ( sunda) ini. semoga khasanah ini menjadi alat saya untuk menularkan kepada yunior penerus agar lebih cinta menggunakan speda
    salam

  2. Ok, pak Asepso…sebagai sesama pecinta komunitas sepeda MTB ga da salahnya kita saling berbagi informasi,salam genjot terus….

  3. om mtber sepeda MTB2 di pasarkan kisaran berapa?
    saya penyuka bersepeda sejak dari kecil, wsalm

  4. sory om baru bisa bls, harga sepeda MTB tergantung spesifikasi sepeda tersebut, makin bagus spesifikasinya maka semakin mahal, tergantung budget kita berapa untuk membeli sepeda tersebut, sekedar info haga sepeda MTB yg termurah sekitar 2 jutaan.

  5. thank infonya.

  6. ok bngt info nya om thanks berat. saya pakai sepeda folker feature 09 fullsus, apa cocok bila d pk downhill, thanks sebelumnya, salam mtbikers

  7. Pada dasarnya sepeda dengan Shock tengah dan Shock di depan sudah bisa buat Downhill tapi ingat ada minimal tinggi shock depan yang diperuntukan downhill coba sampean browse di brand shock seperti Fox,Rockshock atau brand lainnya

  8. wah saya sangat terbantu dengan artikel ini terimkasih,mau tannya tempat2 jalur tempat main sepeda dimana j y maklum pemula

  9. buat om tihul, emamg om tinggalnya di daerah mana? mungkin bisa ditanyakan asama temen2 pecinta sepeda yang ada di daerah om.

  10. top banget……. serius….

    pengen ngakak biar ga bete klik
    cerita lucu
    yuk ngakak bersama….

    trims

  11. Nah klw kondisi lintasan jalan : di jalan raya yg berlubang,banyak tanjakan,tikungan dan turunan jenis sepedanya : RR atw MTB ? Klw MTB yg hard Tail atw Full Suspension? Frame nya yg ringan pakai apa? Titanium?Aero Carbon atw apa?sy pemula cari Frame yg paling tinggi kualitasnya , paling ringan, tapi paling kuat dgn benturan(tdk mudah pecah & penyok),juga lentur?

  12. bagus sekali aku senanggggggggggggggggggggg

  13. gw senennng bgt lyat sepeda Mtb nie
    like this for bike….

  14. salam kenal. saya pemakai mtb rigid udah pernah XC.

  15. Dear Mtber,
    ada yg nawarin MTB jenis dirtjump, sedang saya suka maennya ke perbukitan atau xc, apakah cocok speda disrtjump utk medan yg sy suka..?

  16. kalau budget sekitar 2jt dapat sepda gunung yang bagus jenis apa ya? tentunya awet ya..

  17. broo mau nanya klo speda mtb amtiran yang terbuat dr cina bkal kuat ga ya klo di hantam dalm categori all mountain?? trs ada tips g yang harus diwaspadai klo berjalan di categori all mountain?? bgian pa aja yng harus kuat menahan hantaman,,. trimss

  18. Kalau mau rental sepeda, rental saja sepeda ke My Bike di jalan jalaprng, no. 3 Sukaluyu bandung. Kalau mau jelasnya klik aja website My Bike di : http://www.rentalsepeda.com.
    thx ya, mdh2an informasi ini bermanfaat.
    Arnold, 0817 230 8338

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: